Menu Sehat untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Anda

Menu sehat yang kita kenal sejak kita masih kecil adalah kalimat klasik dari empat sehat lima sempurna. Menu klasik ini memang menganjurkan kita memakan makanan yang sehat seperti setengah dari keseluruhan porsi makanan adalah sayuran dimana kita memperoleh vitamin, seperempat nasi dan seperempatnya lagi lauk pauk. Lauk pauk merupakan sumber protein dimana biasanya terdapat daging ayam, telur, tahu dan tempe. Lima sempurnanya adalah susu. Sungguh lengkap sekali menu makanan yang begitu sehat ini untuk menjaga daya tahan tubuh kita.


Cara mengonsumsi menu makanan sehat seperti empat sehat lima sempurna ini terkadang juga tidak harus dimakan seluruhnya untuk sekali makan. Misalnya, Anda dapat meminum susu beberapa jam setelah makan, memakan buah saat bersantai dan lain lain. Asalkan dalam satu hari itu Anda mengonsumsi keseluruhannya. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat memang mau tidak mau harus memiliki menu makan yang menyehatkan pula.

Selain menu makanan sehat seperti yang telah di uraikan di atas, Anda juga perlu mengimbanginya dengan rajin melakukan olah raga. Olah raga melatih otot-otot tubuh agar kencang dan tidak mengalami penurunan fungsi. Olah raga juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh untuk membantu fungsi jantung dan fungsi tubuh lainnya. Olah raga ringan yang dapat Anda lakukan di rumah adalah menyapu, mengepel, mencuci baju dan piring asal jangan sampai kelelahan.

0 comments