Kenali Gejala Dari Gula Darah Tinggi Sebelum Parah

gejala gula darah tinggi

Gula darah tinggi atau yang sering disebut dengan hiperglikema merupakan kondisi dimana kadar glukosa di dalam tubuh mengalami kenaikan atau peningkatan. Kondisi ini memang sering dialami oleh mereka yang menderita penyakit diabetes, kondisi hiperglikema dapat berbahaya bila terjadi secara terus menerus. Untuk penderita diabetes sendiri, kadar gula darah yang tinggi bisa dikarenakan oleh tidak mengkonsumsi obat penurun glukosa selain itu stress, melakukan aktivitas fisik yang berat juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Walaupun wajar terjadi pada penderita penyakit diabetes, namun Anda tidak boleh meremehkan tingkat kadar gula darah di tubuh. Hiperglikema bila dibiarkan akan mengarah pada kondisi yang dapat mengancam nyawa. Siapapun dapat mengalami hiperglikema, bahkan untuk orang yang tidak menderita diabetes sekalipun. Di luar penderita diabetes, mereka yang mengalami serangan jantung juga bisa mengalami hiperglikema.

Ada beberapa gejala gula darah yang tinggi yang harus Anda waspadai seperti terjadi penurunan berat badan namun nafsu makan malah bertambah, sering merasa haus namun mulut kering, sering buang air kecil terlebih saat malam hari, kulit terasa gatal, mudah merasa mengantuk dan penglihatan buram. Gejala hiperglikema tersebut bisa memburuk bila kondisi disertai dengan dehidrasi yang tidak lekas diatas. Akibatnya penderita akan linglung dan mudah mengantuk. Agar gula darah yang meninggi ini tidak terjadi dalam waktu yang panjang dan kondisi tubuh menjadi semakin buruk, Anda harus mulai merubah pola makanan menjadi jauh lebih sehat seperti pengonsumsian alpukat, kayu manis, kacang dan buah ceri. Makanan tersebut bisa menurunkan kadar gula darah, namun Anda tidak boleh mencampur berbagai bahan makanan dengan gula atau pun susu kental.


Untuk Anda yang menderita diabetes tipe 2, Anda bisa mengkonsumsi campuran air dan cuka apel sebelum makan. Campuran air dan cuka apel akan membantu mengurangi peningkatan kadar gula dalam darah serta meningkatkan insulin. Selain beberapa makanan tersebut, kopi juga bisa digunakan untuk menurunkan hiperglikema. Walaupun demikian, dengan memperhatikan apa saja yang Anda konsumsi, hal tersebut sudah lebih dari cukup. Dengan demikian, gula bisa lebih terkontrol. Olahraga serta menjaga berat badan ideal merupakan cara terbaik untuk menghindari diabetes. Terlebih manfaat jangka panjang yang dimiliki oleh aktivitas ini tidak dapat digantikan dengan vitamin atau pun suplemen.

Lantas, bagaimana jika gula darah tinggi namun ingin tetap mengkonsumsi makanan manis. Jika demikian, Anda dapat memilih Tropicana. Namun, perhatikan pula berapa banyak takaran yang Anda gunakan. Jangan sampai karena diberi kelonggaran, Anda mengkonsumsi terlalu berlebihan. Sayangi diri Anda, hindari hiperglikema dengan memantau makanan yang sering Anda konsumsi, serta menjaga pola hidup sehat, segera konsultasikan kondisi yang Anda miliki ke dokter bila gula darah terus menerus meninggi.

sumber di ambil dari http://www.tropicanaslim.com/beda-makanan-beda-efek-terhadap-kadar-gula-darah/

0 comments