9 Penyebab Terjadinya Benjolan Jinak Pada Payudara Anda

Benjolan Jinak - Payudara Anda terbagi dalam lemak, jaringan ikat, kelenjar jaringan (kelenjar) serta saluran. Jaringan kelenjar ini berbentuk lobus yang terhubung ke puting Anda oleh saluran untuk menghasilkan serta kirim air susu bila Anda mempunyai bayi.

Images :Benjolan jinak

Ekor dari jaringan payudara meluas ke ketiak Anda. Ketiak Anda juga ada kelenjar getah bening - ini yaitu kelenjar yang diketemukan di semua badan Anda serta adalah sisi dari system kekebalan badan.

Perihal Tonjolan Jinak Pada Payudara
Ada beragam type tonjolan jinak pada payudara. Yang biasanya mencakup :
  • Kista (kantung cairan yang menumpuk di jaringan payudara Anda)
  • Fibroadenoma (perkembangan yang solid terbagi dalam jaringan fibrosa serta kelenjar)

Terkadang sisi yang normal dari payudara Anda bisa merasa seperti tonjolan - ini berlainan di seluruhnya siklus menstruasi Anda, payudara Anda terasa kental saat sebelum atau sepanjang periode menstruasi. 

Tanda-tanda Tonjolan Jinak Pada Payudara

Umumnya tonjolan pada payudara tak berbentuk kanker, namun jumpai dokter bila Anda rasakan tonjolan di payudara Anda, atau mempunyai tanda-tanda termasuk juga :
  • Pergantian pada ukuran, bentuk atau rasa payudara Anda (Sesudah Anda melalui saat pubertas)
  • Kerutan atau kemerahan pada kulit di payudara Anda
  • Bengkak pada ruang payudara Anda
  • Ruam di seputar daerah puting Anda
  • Bengkak dari salah satu atau ke-2 puting
  • Pembengkakan atau tonjolan di ketiak Anda
  • Nyeri yg tidak hilang di salah satu sisi payudara atau ketiak Anda 

Pemicu Tonjolan Jinak Pada Payudara
Tonjolan di payudara Anda bisa berlangsung lantaran sebagian argumen yang tidak sama, sebagian salah satunya diterangkan disini.

  1. Mastitis Periductal - ini yaitu satu keadaan dimana ada peradangan serta infeksi pada saluran seputar puting Anda. Anda mungkin saja lebih memiliki resiko keadaan ini bila Anda merokok. 
  2. Nekrosis lemak - ini yaitu tonjolan keras yang berkembang saat satu ruang dari jaringan lemak payudara jadi meradang serta suplai darah terganggu. Ini mungkin saja hasil dari memar atau cedera pada payudara Anda. Ini terkadang dapat susah untuk mendiagnosa namun mereka jinak serta umumnya Anda tak memerlukan penyembuhan. 
  3. Fibroadenoma - ini yaitu saat jaringan serta saluran seputar lobus penghasil air susu tumbuh di atasnya serta menebal. Fibroadenoma sangatlah umum, terlebih pada remaja serta wanita muda. 
  4. Hiperplasia - ini yaitu perkembangan terlalu berlebih baik dalam beberapa sel di lobus payudara Anda atau didalam sel yang melapisi saluran. Hiperplasia umumnya enteng, yang bermakna bahwa beberapa sel sangatlah serupa dengan yang sehat. 
  5. Sebagian tonjolan yang dikarenakan oleh type hiperplasia dimana beberapa sel abnormal - ini dimaksud hiperplasia atipikal serta tingkatkan kemungkinan kanker payudara. Bila Anda didiagnosis dengan keadaan ini, Anda mungkin saja dianjurkan untuk melakukan operasi untuk menyingkirkan jaringan abnormal. Anda mungkin saja butuh melakukan skrining dengan cara teratur, seperti mamografi, diluar itu untuk mengecek bahwa tak ada beberapa sel yang abnormal berkembang. 
  6. Phyllodes tumor - ini yaitu jenis yang tidak sering tumbuh pada payudara Anda yang umumnya berlangsung pada wanita berumur pada 40 hingga 50 th.. Walau umumnya jinak, seputar 20 hingga 25 dari 100 phyllodes tumor yaitu ganas (kanker), namun umumnya bisa diobati. 
  7. Pergantian fibrokistik (juga di kenal juga sebagai penyakit fibrokistik) - ini merujuk pada beberapa pergantian dalam jaringan payudara yang bisa mengarah pada pengembangan tonjolan. Ini mungkin saja penebalan (fibrosis) dari jaringan atau kista serta sangatlah umum. Payudara Anda dapat juga terasa nyeri atau merasa lembut serta tanda-tanda kerap lebih kronis saat sebelum periode menstruasi. Anda mungkin saja cuma alami satu atau sebagian tonjolan.
  8. Lipoma - ini yaitu tonjolan lemak. Lipoma merasa lembut serta halus serta condong tumbuh pas dibawah permukaan kulit Anda. 
  9. Abses - ini yaitu himpunan nanah serta jaringan yang terinfeksi. Abses umumnya dikarenakan oleh infeksi yang dimaksud mastitis yang bisa berkembang pada wanita yang tengah menyusui, walau ada pemicu lain. 

Bila Anda Tengah Hamil

Bila Anda tengah hamil, salah satu pergantian pertama yang Anda mungkin saja cermati yaitu bahwa payudara Anda merasa tidak sama. Hal semacam ini dikarenakan oleh penambahan progesteron (salah satu hormon wanita) serta perkembangan saluran susu Anda.

Ada kemungkinan bahwa payudara bakal merasa sakit atau lembut, serta mereka mungkin saja jadi tambah besar. Terkadang tonjolan payudara jinak bisa berkembang atau jadi membesar sepanjang kehamilan, serta ini mungkin saja termasuk juga :
  • Kista
  • Fibroadenoma
  • Susu diisi kista (galactocoele)

Kanker payudara tidak sering berlangsung sepanjang kehamilan namun bila Anda rasakan pasti tonjolan atau mempunyai tanda-tanda yang mencemaskan, kunjungi dokter selekasnya. 


Sekian artikel tentang benjolan jinak pada payudara semoga bisa bermamfaat buat anda .

0 comments