Mitos Kesehatan dan Faktanya

Cerita mitos yang berada dikalangan masyarakat kita memang masih sangat lekat. Dari cerita tempat, gaya hidup, atau juga dari mitos kesehatan yang sampai saat ini masyarakat kita masih mempercayai adanya mitos-mitos tersebut. Jika mitos dikaitkan terhadap kesehatan sebenarnya masyarakat kita harus bisa lebih pintar, karena tidak semuanya mitos tersebut benar seperti contoh yang sering saya dengar bahwa mandi malam itu akan menyebabkan rematik. Padahal sudah dijelaskan bahwa rematik itu kalau memang dari awal orang tersebut rentan terhadap rematik tetapi apabila orang tersebut sehat-sehat saja tidak masalah hanya saja jangan dibiasakan untuk mandi malam karena kebiasaan tersebut kurang baik.


Sebetulnya beberapa tips kesehatan hampir semuanya akurat dan telah diuji. Tapi banyak masyarakat kita yang banyak mempercayai mitos-mitos tentang ilmu kesehatan ini yang bahkan dalam penelitiannya berbanding terbalik dengan yang masyarakat kita percaya. Berikut ini adalah beberapa mitos kesehatan yang sering kita temui.

1.     Hawa Dingin Rentan Terkena Flu
Banyak sekali masyarakat kita yang mempercayai mitos kesehatan ini. Namun pada faktanya, hawa dingin sama sekali tidak berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini sudah dilakukan penelitian oleh ilmuan dari Common Cold Research Unit, Salisbury, Inggris
  
2.     Membaca Dalam Gelap Dapat Membuat Mata Rusak
Seringkali kita diperingatkan oleh orangtua kita untuk tidak membaca dalam kondisi gelap untuk mencegah kerusakan mata. Dalam medis membaca dalam gelap hanya membuat mata cepat lelah, dikarenakan pupil mata dan kornea diharuskan bekerja secara maksimal untuk melihat benda atau tulisan dengan kondisi kurang cahaya.

3.     Kompres Dengan Air Es/Dingin Ketika Demam Tinggi
Suatu kebiasaan masyarakat Indonesia untuk menurunkan suhu dikala Demam Tinggi adalah mengkompres dahi dengan air es/dingin. Dalam kesehatan tubuh kita melakukan hal yang berlawanan dengan suhu sekitar. Jika badan terasa dingin, maka otak akan memerintahkan untuk menghangatkan tubuh manusia.

Dengan beberapa mitos kesehatan diatas, diharapkan kita dapat lebih percaya pada ilmu medis yang memberikan tips kesehatan berdasarkan riset penelitian.

0 comments